Sabtu, 31 Oktober 2015

Sumber Polaman

Polaman
Selain menyegarkan, wisata ke pemandian alami bisa melepaskan rasa penat Anda dari rutinitas sehari-hari. Salah satu alternatif pemandian yang patut dikunjungi yaitu Pemandian Sumber Polaman di Malang.

Pemandian Sumber Polaman terletak di Jalan Indrokilo, Dusun Polaman, Desa Kalirejo, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang. Pemandian Sumber Polaman bermata air dari Gunung Arjuno dan berada di tepi jalan desa. Selain sebagai pemandian, di sekitar tempat itu juga sering dipergunakan untuk kegiatan perkemahan dan outbound. Pepohonan maupun tumbuh-tumbuhan yang masih rimbun serta asri membuat lingkungan sekitar Sumber Polaman sangat mendukung untuk dijadikan tempat wisata unggulan. Ditambah lagi beberapa hewan seperti monyet dan kupu-kupu yang cantik seakan menjadi pelengkap kealamian obyek wisata tersebut.



Menariknya, terdapat legenda unik tentang Pemandian Sumber Polaman. Menurut cerita yang berkembang di masyarakat, konon tempat ini sudah ada sejak zaman Kerajaan Kediri. Setiap raja Kediri yang pergi ke wilayah di sebelah timur Gunung Kawi dan Arjuno selalu menyempatkan mengunjungi mata air ini sambil beristirahat di pesanggrahan. Kata Polaman sendiri berasal dari kata ”paulaman” yang berarti tempat memelihara ikan.

Tak heran, hingga sekarang sumber air ini dijadikan tempat memelihara ikan, baik ikan yang disakralkan secara turun temurun yaitu ikan ’wader’ (sejenis hemipiraclodus borneensia) dan beberapa jenis ikan lainnya. Menurut kepercayaan, setiap orang yang berkunjung tidak boleh menangkap ikan wader apalagi sampai menggorengnya. Kalau hal tersebut terjadi, orang yang bersangkutan akan mendapatkan petaka. Adapun cerita asal muasal ikan tersebut adalah peliharaan Mbah Jayadursa, tokoh cikal bakal dukuh Polaman yang disegani dan dihormati. Bahkan, hingga kini masyarakat Desa Polaman sering mengadakan tradisi bersih desa di makam Mbah Jayadursa. Tradisi yang diadakan setiap bulan September tersebut juga diiringi oleh upacara adat yang disebut dengan Barikan.

Bagi sebagian orang, Pemandian Sumber Polaman dianggap memiliki nilai-nilai magis yang kuat. Terbukti pada malam-malam tertentu, banyak orang yang bersemedi atau melakukan ritual tertentu dengan maksud tertentu (lelaku) sambil memberi makan ikan yang hidup di sumber mata air Polaman. Bahkan berdasarkan cerita turun temurun, dipercaya bahwa penjaga mata air ini adalah tiga orang dayang cantik bernama Sekartaji, Hendrosari, dan Siti Muninggar. Konon setiap selepas pukul 12 malam, dayang-dayang tersebut turun ke sumber mata air dan beberapa orang yang melakukan semedi berkesempatan untuk melihatnya.

Terlepas dari cerita tersebut, Pemandian Sumber Polaman menyajikan keindahan alam yang menarik dan menyejukkan. Selain tiga kolam besar yang seluruhnya berisikan ikan, sumber air yang berada di bawah perbukitan ini diberi fasilitas berupa tandon oleh pemerintah kolonial Belanda sejak tahun 1900. Tak hanya itu, terdapat beberapa fasilitas tambahan yang bisa dinikmati wisatawan. Di kanan dan kiri sumber air terdapat kolam-kolam untuk pemandian anak-anak, kolam masjid, serta tempat pemeliharaan ikan dan teratai. Ada pula sebuah gubuk di bawah pohon beringin yang ditempati oleh penjaga air atau juru kunci. Di atas sumber air, terdapat perbukitan seluas 5 hektar yang berfungsi sebagai hutan lindung alami dengan beberapa batu besar di dalamnya. Ada mitos unik yang menyatakan bahwa apabila ada sepasang kekasih berpacaran di tempat ini, maka keinginannya untuk menikah akan tercapai.

Untuk memasuki pemandian ini, pengunjung tidak dipungut biaya masuk alias gratis. Anda cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 1.000 untuk biaya parkir kendaraan. Akses untuk mencapai obyek wisata inipun tidak terlalu sulit. Dari jalan raya Malang-Surabaya, letaknya kurang lebih sekitar 5 km ke arah barat Pasar Lawang.  Jika menggunakan kendaraan pribadi, tinggal arahkan kendaraan menuju jalan raya Malang-Surabaya hingga tiba di Pasar Lawang. Dari situ perjalanan dilanjutkan menuju Jl. Indrokilo. Lokasi obyek wisata berada di tepi jalan sehingga memudahkan wisatawan untuk mencapainya.

Incoming search terms:

  • polaman
  • polaman lawang
  • pemandian polaman
  • polaman lawang malang
  • asal usul desa polaman
  • sendang polaman
  • sumber paloman
  • pemandian polaman di lawang
  • pemandian polaman lawang
  • pemandian sumber lawang
Sumber : http://surabaya.panduanwisata.id/wisata-alam/berkunjung-ke-pemandian-sumber-polaman-yang-penuh-legenda/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar